Selasa, 16 November 2010

Perencanaan Keuangan,Bentuk Kepemilikan,Rencana Pemasaran

Nama : Christine Louise
Kelas : 2DD03
NPM : 34209419
Tugas : Kewirausahaan Softskill
Dosen : Pak Joko Utomo

TGS II
I.a.Perencanaan Keuangan dari Usaha Katering Makanan:
Modal Awal : Rp1.800.000,-
Pengeluaran
Belanja bahan baku snack = Rp 500.000,00
Belanja bahan baku nasi box = Rp 800.000,00
Biaya operasional&dll = Rp 500.000,00 +
Total pengeluaran = Rp 1.800.000,00
Pemasukan
Snack : 200 x Rp 5.000,-/box = Rp 1.000.000,00
Nasi box : 200 x Rp 10.000,- = Rp 2.000.000,00 +
Total pemasukan = Rp 3.000.000,00
Keuntungan
Laba bersih = Pemasukan – Modal Awal(Pengeluaran)
= Rp 3.000.000,00 – Rp 1.800.000,00 = Rp 1.200.000,00
b. Bentuk Kepemilikannya
Usaha Katering makanan ini adalah Usaha Pribadi dan saya sebagai pemilik usaha catering ini yang akan bertanggung jawab atas keseluruhan resiko kerugian yang akan terjadi pada usaha catering ini,dan mempunyai hak atas keseluruhan keuntungan dari hasil usaha catering ini
c. Rencana Pemasaran:
Kondisi Pasar
Kondisi Pasar sangat mempengaruhi usaha catering ini dilihat dari daya beli masyarakat untuk mengkonsumsi catering makanan u/keperluan pesta kantor,dll,dan juga jenis produk catering makanan ini harus sesuai dengan selera konsumen dan berbagai pilihan makanan yang menarik minat konsumen untuk membeli supaya konsumen tetap berlangganan catering makanan ini dan tidak akan berpindah ketempat catering lain,selain itu yang dapat mempengaruhi kondisi pasar catering ini yaitu penentuan harganya,jika harga/box naik maka penjualan akan turun maka cara mengatasi harga catering naik karena bahan baku yaitu mutu&kualitas rasa(taste)catering makanan ini harus dipertahankan.
Kondisi Pesaing
Harga jual catering makanan sering dipengaruhi oleh keadaan persaingan dari pesaing catering makanan lain,jika bahan baku naik maka harga snack dan nasi box juga akan naik jadi untuk mengatasi kondisi dari pesaing caterikng lain dengan cara:
Menu catering nasi dengan berbagai ragam bisa membuat pelanggan tidak pindah catering ke tempat lain adalah pilihan menu Menu makanan sesering mungkin harus diganti untuk menghindari kebosanan dari para pelanggan/konsumen yang harus diperhatikan yaitu dari segi kebersihan dan rasa saat pengolahan Catering makanan dan kualitas dari Rasa juga harus diperhatikan.Konsumen/pelanggan tidak akan berpindah jasa catering makanan jika sudah cocok dengan catering langganannya,Walaupun menunya berubah,rasa makanan harus tetap diperhatikan supaya pelanggan tidak merasakan rasa yang aneh atau berubah dan berniat untuk pindah ke tempat catering lain,dan setiap memasarkan usaha jasa catering makanan harus ada menu yang tersedia untuk lebih menarik minat pelanggan/konsumen dan tingkat pelayanan juga sangat penting untuk membuat usaha ini sukses dan berkembang luas di pasaran serta mempertahankan pelanggan agar tidak lari ke jasa catering box lain. Menggeluti usaha jasa catering box makanan tidak akan rugi jika memperhatikan banyak hal,contohnya: catering rumahan yang melayani catering melalui telepon dengan ramah dan professional.

Bentuk Kegiatan Promosi &dll
Tentukan pasar atau menjemput bola,caranya membuat brosur sebagai langkah awal promosi selain upaya dari mulut ke mulut atau dengan fasilitas pemesanan online di internet,selain itu caranya dengan menyarankan teman-teman untuk memberitahukan pesanan catering box ke teman-teman yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar